Home » » Cara Membuat Es Pisang Ijo

Cara Membuat Es Pisang Ijo

Written By Unknown on Minggu, 19 Mei 2013 | 08.10



            Es pisang ijo merupakan salah satu jenis minuman khas yang berasal dari Makassar Sulawesi Selatan. Untuk dapat menikmati segar dan nikmatnya es pisang ijo ini kita tidak harus lagi selalu datang ke Makassar terlebih dahulu, saat ini es pisang ijo telah cukup banyak dijual di pinggir jalan maupun di tempat berbelanja terdekat. Cara membuat es pisang ijo memang tergolong cukup mudah dan kita dapat membuatnya sendiri di rumah jika menginginkannya. 


Langsung saja berikut ini adalah cara membuat es pisang ijo yang telah kami himpun dari berbagai sumber :

1.      Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat es pisang ijo tersebut antara lain, 8 buah pisang raja besar yang sudah matang, sirup berwarna merah dan es yang telah diserut kasar sebagai bahan utama. Sebagai bahan pembungkus pisang, bahan yang dibutuhkan adalah 200 gram tepung beras,  5 gram tepung terigu, 80 gram gula pasir, 50 gram sagu, 250 ml santan, 10 lembar daun suji, 12 lembar daun pandan serta garam secukupnya. Sebagai bahan sausnya adalah 250 ml santan, 75 gram gula pasir, 2 lembar daun pandan serta ½ sendok makan tepung beras

2.   Kukus terlebih dahulu pisang raja yang telah disiapkan sampai matang kemudian angkat dan sisihkan.

3.   Masukkan dalam blender daun pandan dan daun suji yang telah diiris sebelumnya dicampur dengan 50ml air matang. Setelah tercampur, saring airnya kemudian sisihkan.

4.    Campurkan tepung beras, tepung sagu, gula pasir, tepung terigu, santan serta air dari daun pandan dan daun suji tadi kemudian diaduk hingga rata.

5.      Setelah adonan telah tercampur rata, ambil sebagian adonan kemudian tipiskan adonan tersebut dan bisa dimasukkan pisang kedalamnya. Balut pisang tersebut hingga meutupi semua bagiannya. Lakukan cara ini hingga pisang habis.

6.      Kukus kembali pisang yang telah terbungkus adonan ini hingga kulit berwarna hijau tua.

7.  Untuk pembuatan saus blender kembali daun pandan yang telah diiris sebelumnya dengan ditambahkan 100ml air. Setelah tercampur merata, masukkan gula pasir dan juga tepung beras kedalam adonan saus ini. Masak adonan saus ini diatas api kecil sambil diaduk sampai cukup kental.

8.      Untuk penyajiannya, siapkan mangkuk saji kemudian letakkan pisang ijo yang telah dikukus tadi. Tambahkan saus yang telah dibuat, beri juga serutan es serta sirup merah diatasnya. Es pisang ijo telah siap untuk disantap.

Demikianlah artikel kami mengenai cara membuat es pisang ijo  semoga artikel ini bermanfaat buat anda dan kita semua.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Lowongan Kerja | Monetize Blog | Fakta Unik
Copyright © 2013. Semua CARA Ada Disini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger