Home » » Cara Membuat Tahu

Cara Membuat Tahu

Written By Unknown on Jumat, 17 Mei 2013 | 18.00



            Cara Membuat Tahu - Hampir sebagian dari penduduk Indonesia sudah tentu mengenal tahu/tofu. Tahu memang salah satu makanan primadona bersama dengan tempe. Makanan yang berasal dari cina dan berbahan dasar kedelai ini memang memiliki rasa yang enak dan juga memiliki gizi yang cukup tinggi didalamnya. Tahu kebanyakan disantap sebagai lauk pauk bersanding dengan nasi maupun dimakan langsung sebagai kudapan. Sebagian diantara kita juga tentu menjadi penggemar makanan yang memiliki tekstur lembut ini. Sebagai penggemar, tidak lengkap rasanya jika kita hanya tau memakannya saja tetapi tidak mengathui cara membuat tahu itu sendiri. Dalam artikel kali ini kami akan menjelaskan secara mudah bagaimana cara membuat tahu


Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat dijadikan referensi cara membuat tahu itu sendiri.

1.      Siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan seperti 2 Kg kedelai, 2 ml asam cuka dan air secukupnya sebagai bahan utama pembuat tahu. Siapkan juga cetakan tahu, kain pengaduk, kompor, rak bambu, ember besar, tampah, alat penghancur kedelai dan kain saring.

2.      Pilihlah kedelai yang ukurannya besar dan utuh kemudian dicuci hingga bersih.

3.      Setelah dicuci hingga bersih, rendam kedelai tersebut selama 8 jam dan diusahakan seluruh kedelai yang ada didalamnya terendam semua.

4.      Setelah proses perendaman, kedelai kembali dicuci berkali-kali hingga bersih sempurna. Proses pencucian ini berguna untuk menghindariagar kedelai tidak cepat asam.

5.      Masukkan kedelai yang telah bersih dalam sebuah wadah untuk kemudian dihancurkan dan ditambah air sedikit demi sedikit hingga berbentuk seperti bubur.

6.      Saring bubur tersebut sambil diaduk seccara perlahan-lahan hingga menghasilkan endapan berupa gumpalan tahu.
7.      Endapan yang dihasilkan itu kemudian bisa dicetak sesuai dengan keinginan masing masing.

Demikianlah cara membuat tahu, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda.

Thanks
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Lowongan Kerja | Monetize Blog | Fakta Unik
Copyright © 2013. Semua CARA Ada Disini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger